Description
Reviews
Bibit Durian Bawor
Rp 175.000,-

Rp 150.000,-

BDU 1
Bibit Durian
Bibit Durian Bawor

AKHIRNYA DATANG JUGA!! Setelah lama ditunggu2 kitapun memiliki durian top: DURIAN BHINEKA BAWOR alias monthongnya Indonesia. Bahkan mampu mengalahkan monthong untuk ukuran, tebal daging, rasa manis, warna, dll. Tercipta dari pemuliaan petani Sarno dng mimpi gila2an ingin mengalahkan Monthong……tekniknya memadukan okulasi dan kaki ganda sehingga tampak nangkring seperti pohon bakau. Bahkan dia… pede banget karena menyertakan Monthong dalam tekniknya tersebut (mungkin dia tahu toh Monthong sumbernya dari durian Pontianak jugak). Hasil adalah buah super….bisa 6 KG berat perbuah, dan yg paling penting bila Anda menanam bibitnya tak perlu ragu lagi, 3-4 tahun berbuah bok!. Lihat daging buahnya di foto bener2 tebel kan!!! Apalagi rasanya legit menggigit…ahkkk….

 

Tiba-tiba kaki ganda bibit durian Bawor dipertanyakan setelah lama menjadi kebanggaan warga Kemranjen, Banyumas. Seseorang yang mengaku berinitial D bahkan tanpa bosa basi merasa perlu menshare di beberapa grup FB dan membuat pernyataan menyakitkan betapa kaki bibit durian Bawor adalah pembodohan alias penipuan terselubung pada konsumen. Lewat foto2nya dia membandingkan bagaimana kaki-kaki ganda durian Bawor akan menyatu dengan semakin besarnya pohon, apa ini tidak sia-sia aja? Saya cuma senyum aja, jelas dia nggak tahu sejarah durian Bawor yang panjang (bisa dibaca detailnya di blog saya buahbuahimpian.com). Dan wajar aja kok, kalo kemudian Kang Wahir Fruit-Durian sampai kayak kebakaran jenggot….hehhheee….pice Kang!
Untuk melihat kebenarannya objektifnya beberapa hari yang lalu saya saya sampai perlu sore2 mendatangi Kemranjen, terutama ke rumah pak Sarno Ahmad Darsono. Dengan disuguhi buah-buah durian gratis “raksasa” Bawor dan durian Bawor versi Montong Oranges (maaf, dikenal Moreng) jadilah saya lebih banyak makan dari pada wawancara…..xiixiiiixiii. Dan tersibak lah sedikit-sedikit jawabannya. Apalagi setelah bersilaturohmi ke warga sekitar terlihat bahwa durian Bawor memang bukan monopoli atau (maaf) ide orisinil pak Sarno aja. Itu dah ngrasa milik wong Kemranjen. Namun jangan salah, pak Sarno itu mirip pak Isto dari Prambanan di sejarah buah Lengkeng dataran rendah…….dia lah sang pelopor, pendobrak sekaligus ahli pemasaran yang mampu membuat boom….bikin kita bilang Woowww!!…..semua orang termasuk pejabat-pejabat berwenang di negeri ini terhenyak, terperanjat, dan pingin menanamnya! Bahkan dalam penelusuran ini saya sampai menemukan jejak pas Sarno di Riset Center (RC) Getas, Salatiga. Yang dulu merupakan basis koleksi paling lengkap durian2 Bangkok, sayang sekarang hanya kenangan.
Dapat disimpulkan bahwa saudara D salah dalam mempersoalkan kaki ganda pada bibit durian Bawor. Seperti halnya bibit2 buah hasil perbanyakan lewat okulasi, batang atas lah yang penting. Batang atas lah yang dinamakan Bhineka Bawor itu. Artinya tanpa kaki ganda pun di Kemranjen tetap dinamakan Bawor bila atasnya dari entres durian Bawor. Dengan kelebihan2 durian Bawor sbg satu paket: genjah (cepet berbuah), nikmat banget dan berbuah raksasa. Lho trus fungsinya kaki ganda?
Mohon dimengerti, bahwa kaki ganda sebenarnya adalah olah pikir pak Sarno yang lugu selama bertahun-tahun: dia mikir apakah dalam pemuliaan tanaman harus menggunakan persilangan bunga jantan dan betina saja untuk memperbaiki mutu genetik sehingga didapat tanaman baru yang hebat? Dalam kesederhaannya dia mikir dengan cara penambahan kaki lewat okulasi akankah terakit kultivar yang lebih baik? La kalo kemudian 20 jenis bibit durian unggul (lokal dan luar) nekad disatukan lewat cara itu, dan percobaan berulang memang yang muncul durian yang bener2 bikin decak kagum. Saluuut pokoknya. Bayangkan, selain besarnya super dan dagingnya yang tebel banget, perubahan rasa juga terjadi dengan masuknya rasa pahit yang legit, warna daging buah pun ada yang berubah orange…..sehingga menambah orang makin kesemsem. Stop! Ini proses yang dah selesai, mas Bro!!
Nah selanjutnya……dari situlah timbul ide “KREATIF” penambahan asesoris dengan pemberian kaki jugak pada bibit durian Bawor yang dijual, sebagai ciri khas bibitnya. Bener aja……penjualan bibit durian bawor pun langsung meroket!!! Sampai pak Sarno pernah kewalahan.
Sekali lagi batang atas yang perlu diperhatikan……yang jlas sudah super…..kaki-kaki pada bibit durian bawor yang jumlahnya paling 2, 3 atau 4 memang berpengaruh, namun tidak banyak banget. Misal kalo ada seorang ahli yang bilang 1 kaki ngaruhnya 5 % berarti kalo 3 jadi 15% persen….lumayan kan? dan siapa tahu durian Anda beda dengan yang dimiliki pak Sarno….hehhhhee…..
Kecepatan tumbuh dan berbuahnya pun karna batang atas memang dah gejah. Tapi kalo ditambahin kaki lagi di bibitnya kan jadi bak bermesin turbo, mas Bro…..xixiii…nambah kecepatan maksudnya. Nah, sekarang mudeng dan jelas kan! Jadi bukan pembodohan……apalagi nipu….woalahhh amit2……keterlauan bener sampeyan mas D menuduh kita. Tak senista itu kita dalam mencari rezeki Allah. 

Ukuran :
Qty :